Oleh: Eddy Hermanto | 7 April 2014

Soal dan Solusi OSK 2014

Saya coba upload soal dan solusi OSK 2014. Soal saya dapatkan dari Bapa Stenly Mamanua (terima kasih untuk beliau), namun ada soal yang saya koreksi dari soal aslinya karena menurut saya akan menimbulkan suatu pemahaman yang keliru. Soal yang saya koreksi nomor 9 dan 16. Saya perlu untuk mengoreksi soal karena mungkin saja soal dan solusi akan digunakan oleh generasi yang akan datang.

Soal Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota SMA/MA Tahun 2014 Bidang Matematika (mediafire)

Solusi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota SMA/MA Tahun 2014 Bidang Matematika (mediafire)


Responses

  1. Alhamdulillah saya lolos OSK, dan persiapan OSP Jawa Barat. Makasih atas soal2nya pak eddy hehe

    • Belajar lebih keras lagi..

      • Iya pak eddy, tolong diadakan postingan lagi untuk latihan OSP. Makasih🙂

  2. Maaf pak, nomor 14 jika diselesaikan secara sederhana menjadi polinom pangkat 4, sehingga x1.x2.x3.x4= -e/a = -8. Mohon penjelasanya, apa perbedaanya. Trimakasih.

    • Sudah ada penjelasan di sana. Yang ditanyakan itu akar2 real… Kalau semua akar (real dan tidak real) baru jawabannya -8..

  3. makasih pak,
    tapi sepertinya saya gk lolos😦
    tahun kesempatan terakhir saya di tingkat SMA, tapi saya akan terus berusaha di lain waktu🙂

  4. pengumuman liat di mana ya ??

  5. Misi pak eddy, saya ingin bertanya, untuk persiapan OSP, lebih baik bahas soal dr mana aja ya pak? olim international seperti aime ? atau apa? mohon info nya.

    • Untuk isian singkat coba kerjakan soal-soal AIME… Untuk laihan esai coba kerjakan soal-soal Olimpiade di negara-negara lain..

      • oh gitu terimakasih saran nya paj eddy, tp apa ada link untuk soal olimpiade luar negeri yg bisa buat latihan essay OSP?

  6. bidang ekonomi ada gak, pak?

  7. Mohon maaf pak saya ada soal 2x+y+xy=2, y+3z+yz=7, 2x+3z+xz=30 tentukan nilai dari x^3+10y^3+z^3 .

    • Soal ini sudah lama sekali.
      (x+1)(y+2)=4
      (y+3)(z+1)=10
      (x+3)(z+2)=36
      Untuk memudahkan perhitungan misalkan a=x+1 ; b=y+2 dan c =z+1
      a=4/b ……… (1)
      c=10/(b+1) ……… (2)
      (a+2)(c+1)=36 ……. (3)
      Subtitusikan pers. (1) dan (2) ke (3) sehingga didapat pers kuadrat dalam b yg kalau disederhanakan didapat
      (17b+22)(b-1)=0
      * Jika b = 1
      Didapat a=4 dan c=5 sehingga x=3, y=-1 dan z=4 yg memenuhi.
      * Jika b=-22/17
      Didapat a=-34/11 dan c=-34 sehingga x=-45/11, y=-56/17 dan z=-35 yang juga memenuhi.

  8. Pak Edyy, apakah Anda membuka les private? Saya sangat ingin diajar oeh bapak😀 Dimana ya lokasinya?

  9. Terima kasih pak jawabannya.
    Kalau soal ini gimana Pak?
    f(x)=25^x/(25+25^x). Tentukan nilai dari f(1/2013)+f(2/2013)+…+f(2013/2013)

  10. Terimakasih pak atas jawabannya.
    Kalo soal ini gimana pak?
    Diketahui f(x)=25^x/(25+25^x). Tentukan nilai dari f(1/2013)+f(2/2013)+…+f(2013/2013)

    • Ini sumber soal dari mana ? Sudah pernah ditanyakan di forum lain ? Di sana ada kemungkinan dijawab lebih cepat karena lebih banyak yg membaca dan mengerjakannya.
      Apakah soalnya bukan
      f(x) = 25^x/(5+25^x)

    • Ini sumber soal dari mana ? Sudah pernah ditanyakan di forum lain ? Di sana ada kemungkinan dijawab lebih cepat karena lebih banyak yg membaca dan mengerjakannya.
      Apakah soalnya bukan seperti ini
      f(x) = 25^x/(5+25^x)

  11. Punten pak eddy, saya mau menanyak materi PARITAS, untuk persiapan OSP nanti, kira2 ada artikel yg bisa menjelaskan lebih detail tidak? makasih.

    • Coba baca
      Problem Solving Through Problems – Larson hal. 47

      • makasih pak eddy, oh ya mau bertanya lagi, download soal pra-OSP jakarta dimana ya pak? apakah bapak punya soal2nya? makasih.

      • Saya gak punya… Kalau ada yg punya silakan dishare..

  12. terimakasih pak, atas pembahasanny ini,,,
    izin download pak…
    —#Salam kenal dari Mohammad Tohir#—

  13. saya abdul hakim, ingin bertanya pak, saya sudah coba belum bisa,
    diketahui: (a/b) + (b/c) + (c/d) + (d/a) = 6 dan (a/c) + (b/d) + (c/a) + (d/b) = 8 maka nilai dari (a/b) + (c/a) = ….
    terima kasih atas perhatiannya pak.

    • alhamdulillaah, setelah pulang ke rumah, saya coba lagi dengan cara yang berbeda, ketemu jawabannya 4 atau 2, benar atau tidak pak? terima kasih atas perhatiannya.

    • soalnya ada yang keliru..
      maka nilai dari (a/b) + (c/d) = ….

      • Ya tinggal difaktorkan saja berbentuk perkalian dan penjumlahan

  14. pak, gimana kalau soalnya begini
    (x+y)(x+y+z)=92
    (y+z)(x+y+z)=76
    (x+z)(x+y+z)=20
    tolong pembahasannya, pak🙂

    • Saya sebenarnya ingin menyampaikan, jika ada soal sebaiknya disampaikan ke forum yg lebih besar… Saya belum tentu membuka blog setiap hari… Di forum yg lebih besar ada banyak yg bisa memikirkan dbandingkan di sini..
      Soal di atas :
      Coba jumlahkan semua persamaan untuk mendapatkan x + y + z. Lanjutkan lagi.

      • Saya selesaikan
        Jumlahkan semua didapat
        (x+y+z)^2=94
        Hasilnya disubtitusikan ke semua persaman di atas untuk diselesaikan dengan SPL 3 variabel..

  15. tahun ini bapak tidak buat soal uji coba osp lagi pak ?

    • Kemungkinan tidak. Soal yg saya susun digunakan LOPI..

  16. Pak Eddy yth. Kalau utk OSP 2014 bisa dishare kah, baik soal maupun solusinya. Makasih sblmnya. Wass

  17. Pak Eddy yth. Bisa di share kah soal dan solusi OSP Matematika 2014 yg barusan dilaksanakan. Trmksh sblmnya. Wass

  18. paka edi.. apakah bapak buat solusi OSP Matematika 2014?

  19. Pak.. minta soal OSP 2014..

  20. pak eddy, maaf, apakah bapak punya soal dan solusi osn tingkat nasional SMA matematika tahun 2011, 2012 ?? makasih pak. mohon dishare pak

  21. PAk mohon maaf klo soal2 pra OSN SMP ada tidak?

  22. Harus bayar eui, untuk download…


Tinggalkan Balasan

Kategori

